Virtual Photoshoot 101

Buat kamu yang aktif main instagram pasti udah sering dong liat post tentang virtual photosoot? Mau dari temen sendiri, influencer sampai artis sempet nyobain trend ini. 




Virtual photoshoot sendiri adalah ketika kamu difotoin oleh fotografer tapi via video conference atau video call gitu. Ya maklum lah ya sejak pandemi covid-19 orang-orang udah ga sebebas dulu untuk keluar rumah nongkrong cantik di coffeshop dan foto-foto. So, daripada make up dan baju bagus kamu nganggur aja gimana kalo dipake untuk foto?

Nah kebetulan beberapa minggu yang lalu aku dan adekku join deh project virtual photoshoot ini. Ssst.. ini juga sekaligus donasi untuk pekerja harian yang tedampak lho. Apa aja sih yang harus disiapin?


  1. Photografer dan printilannya

First off all kamu cari photografer yang bisa fotoin kamu. Meski kalo sebenernya mau bikin virtual photoshoot ala-ala sendiri mandiri kamu bisa contek tips ala Miraagile di sini. Aku kemaren nemu info project ini ga sengaja dari retweet-annya kak Alanda Kariza. Yak gak lain gak bukan adalah Prima ( twitter @Primagungdr). Setelah sebelumnya aku sempet juga nanyain slot kosong project lain di twitter @annalifah dia specialist foto sama hewan peliharaan lho. Bisa dicek juga kalo kamu mau foto bareng peliharaan kamu. 

Langsung deh aku tektokan sama Prima via WA dan dibrief gimana teknisnya. Simple sih dia bakal tanya dulu kamu ada device apa. Bisa laptop atau HP aja dan pakai aplikasi Zoom. Nah semakin bagus kamera laptop kamu bisa bantu photografer untuk dapetin the best shoot. Akhirnya aku pakai kamera iphone 6s-ku karena udah cukup jernih. Kalo kamu ada tripod lebih bagus karena ga perlu pegang sendiri devicenya. Tapi di kasusku aku dan adek akhirnya gantian megangin dan cukup lelah tangan ini. Device checked. 

Karena ini virtual alias daring alias online pasti dong kamu butuh koneksi yang oke. Cukup pastiin koneksi kamu bagus jadi gambar ga pecah dan bisa dengerin instruksi kang foto dengan baik yaa ga perlu ada sound delay atau feedback sound. Connection checked.

Selanjutnya kamu harus explore rumah kamu buat cari spot oke. Pastiin cahaya juga bisa masuk ya. Kalo aku kemaren pilih di sekitar teras dan garasi rumah. Kamu bisa tanaman rumah yang ada. Oya Prima juga minta video beberapa rencana spot supaya dia ada gambaran dan bisa ngarahin kita harus gimana. Spot checked.

    2. Dress up!


Saatnya kamu bongkar lemari dan bisa pakai lagi baju bagus kamu. Kamu juga bisa tentuin tema mau gimana nih biar make up-nya juga nyambung. Aku kemaren pakai kemeja dan jeans biasa aja yang dipadukan jilbab hitam polos. Make up-nya juga agak bold supaya bisa keliatan di kamera. Pastiin outfit kamu ga mati ya sama spot yang sudah kamu pilih!

Outfit dan make up udah beres kamu bisa juga tambahin properti kayak bunga segar, bunga kering, novel, boneka, gelas, kain, dan lainnya. Aku sendiri kemarin pakai topi pantai coklat dan ring set buat jari tanganku. 


    3. Referensi pose


Bukan model tapi disuruh pose depan kamera pasti sedikit kagok. Nah supaya kamu ada gambaran gimana mau pose, bisa tuh cari referensi pose virtual photoshoot di Instagram. Sesuaikan posenya dengan kepribadian kamu dan jangan takut untuk coba hal baru. 

Sejujurnya aku termasuk orang yang kaku untuk pose depan kamera. Jangan lupa sampaikan concern kamu ini ke kang poto supaya dia bisa arahin kamu. Kombinasi bekal referensi pose dan arahan kang foto bisa jadi short cut supaya hasil foto kamu maksimal.


    4. Waktu


Setelah nyiapin device, dress up dan siap dengan pose; penting nih untuk tau waktu kapan bisa foto supaya hasilnya oke. Katanya bisa di pagi hari atau sekalian sore hari karena cahayanya lagi bagus-bagusnya. Tapi aku pribadi kemarin foto jam setengah satu siang. Yang terpenting pastikan cahaya yang masuk cukup dan jelas. Itulah kenapa pemilihan spot di nomer satu jadi penting. Jangan sampai kamu pose di tempat yang kegelapan atau keterangan.

Kalo kamu ada tripod yang jadi satu sama ring light, aku rasa cukup bisa membantu seandainya spot kamu cahaya-nya terbatas. Toh nantinya kang foto akan ngarahin kamera kamu ke arah terbaik supaya dia bisa shoot terbaik pula.


    5. Relax and enjoy the moment


Persiapan udah maksimal tinggal eksekusi aja nih. Kamu bisa cairin suasana dulu dengan ngobrol sama kang foto supaya lebih enak buat ngarahin kamu. Jangan takut untuk improvisasi juga karena siapa tau ide baru muncul pas hari H. Sabar-sabar juga karena satu pose di satu spot bisa berkali-kali take sampai dapet hasil yang maksimal. Buat kamu yang gaada tripod alias pegang pake tangan; kamu pastiin tangan kamu ga goyang dan kalo bisa gantian dipegangin orang rumah atau partner photoshoot kamu. 

Last but not least, setelah ngobrol sama Zahwa; aku baru tau ternyata photoshoot juga berkorelasi sama self esteem kita lho. Ada satu artikel tentang kaitan photography dan psycology yang bilang kalo proses foto itu sendiri bisa jadi terapi. Terapi itu nantinya jadi alat untuk mempelajari citra tubuh dengan tujuan penerimaan diri (self-acceptance). Dengan berbagai filter foto yang ada, aku rasa virtual photoshoot ini bisa jadi salah satu "terapi" kebosanan kita di rumah. Kamu bisa lebih mengenal dirimu dan rumah kamu tentunya. Nggak lupa, itu juga jadi cara kamu untuk belajar berkompromi dengan orang lain (kang foto, partner foto, orang rumah biar ga ganggu pas proses). 

Aku bukan psikolog, tapi kalo kamu penasarsan sama artikel yang kubaca bisa klik di sini ya. 

Nah yang penasaran hasil virtual photoshootku ini ya. Boleh lho kalo mau bikin yang sekeluarga dalam rangka merayakan Idul Fitri hihi. Silakan cari kang foto favorit kamu ya!




Comments

  1. Wah menarik sekali kak sangat membantu dengan virtual photoshoot yang uda rame ni di instagram. Sangat senang dengan tulisan tulisan seperti inii. Ditunggu tulisannya lagi kakk!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog