TIPS NONTON KONSER SO7


Sebagai seseorang yang tinggal di Jogja hampir 3 tahun, nggak afdol rasanya kalo belom pernah nonton konser Sheila On 7 (SO7) di kota kelahirannya sendiri. Akhirnya kemarin Oktober, saya dan seorang sahabat berkesempatan nonton konser SO7 FOR THE FIRST TIME!!!!

p.s. tiket konsernya masih ada dan saya tempel di blocknote saya 😂



Nah buat kamu yang berencana akan nonton konser Sheila atau band/penyanyi siapapun, saya bagikan tips yang mungkin kamu butuhkan. Disclaimer: ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri yaa

1. Siapkan Tiket


Ada sebagian orang yang rela membeli tiket jauh-jauh hari, tapi ada juga yang sukanya mepet-mepet. Sepengalaman saya kemarin, saya membeli H-3 pertunjukan. Itupun setelah saya melalui banyak drama yang terjadi. Mulai dari batal dapat tiket, rebutan tiket, sampai akhirnya saya beli dari agen resminya. 
Sebagai mahasiswa yang harus hemat, niatan awal saya adalah mencari tiket preloved yang biasanya dijual lebih murah. Tapi ternyata tidak segampang itu pemirsa. Saya sampai bernego ria dengan penjual yang bikin saya pusing. Wkwkwkwk. Ya sudah, daripada nggak dapet tiket saya akhirnya beli di agen resminya. Emang keras kepala ya Pid, udah ada jalur bener maunya lewat yang salah dulu. *self toyor*
Begitu tiket di tangan, segera simpan tiket di tempat aman. Terutama untuk kamu yang teledor. Nggak mau dong batal nonton karena tiketnya keselip lalu ilang? Amit-amit deh. 
Oya rajin-rajinlah kamu cek instagram atau media sosial penyelenggara konser. Kenapa? Karena ada banyak info di sana. Mulai dari tempat dan kapan kamu bisa tuker tiket (iya, tiket harus dituker lagi), apa saja pesyaratannya sampai peraturan konsernya. 
Khusus untuk penukaran tiket, biasanya kamu membutuhkan fotokopi identitas. Nah, segera siapkan dan simpan bersama tiket kamu tadi. Hal ini akan memudahkan kamu pas nukerin tiket nanti. Percaya deh. 

2. Dengar lagi lagu-lagunya


Menurut saya, nyawa konser itu terletak di penontonnya. Apa jadinya konser tapi gaada penontonnya? Mending kamu dengerin di kosan aja pake spotify 😝. Di konser kamu bisa liat penyanyinya terpampang nyata, sing along dan joget bareng ratusan bahkan ribuan orang lainnya! Kamu bisa ngerasain hype-nya seiring dengan alunan musik lewat sound yang bahkan rasanya sampe ke jantung! I'm serious
Nah supaya bisa lebih menghayati dan nggak mati gaya pas sing along, baiknya nih kamu dengerin lagi lagu-lagunya. Kamu bisa google song list-nya dan kalo seandainya nggak hafal lagunya simpan liriknya aja di handphone. Ehem, saya kemarin juga begitu. Tiga hari sebelum konser saya sengaja cuma dengerin lagu SO7 di spotify. Saya juga bayangin gimana suasana konsernya ahahaha. Norak ya? BIARIN! 😝

3. Minum


Seriously guys ini adalah hal maha penting yang nggak boleh lupa. Setelah kamu sing along selama konser, belum lagi joget macem zumba 2 sesi sekaligus bikin hausnya ga nahan!! Memang nih ya ada beberapa konser yang nggak bolehin bawa masuk makanan dan minuman, tapi plis jangan sampe nggak minum. Di konser kemarin, saya menyesal nggak bawa minum dari kosan. Padahal kalaupun nggak saya bawa masuk, bisa saya simpan di motor atau mobil dan baru diminum pas bubaran. Pas keluar venue memang banyak pedagang asongan jual minum tapi harganya dibandrol 5 kali lebih mahal ada kali 💔. Akhirnya saya jalan kaki ke minimart yang nggak jauh dari venue dan SAYA MASIH HARUS ANTRI LAMA YA ALLAH COBAANMUU 😭.
My advice for you is bawa aja minumnya, taruh di motor atau mobil. Kalaupun parkir jauh dan udah ga tahan sama haus bolehlah beli di deket venue. Baru pas mau pulang minum tadi bisa jadi tambahan kamu. Apalagi pas bubaran konser dijamin deh jalanan macet gak karuan. Jangan sampai kamu malah dehidrasi dan jadi sakit 😢

4. Pakai outfit yang nyaman


Pernah lihat orang ke konser pakai gaun? Yang ada dikatain salah kostum kaleee. Selain jadi pusat perhatian dan omongan orang, pake gaun ke konser itu ribet saayyy. Udahlah pakai baju yang nyaman dan enakeun. Kamu bisa sesuaikan juga dengan tema konser dan venue-nya. Kalau indoor dan berpotensi gerah, pakai aja kaus berbahan katun yang bisa nyerap keringat. Kalau outdoor bolehlah pakai loose sweater yang bisa jadi pelindung angin walaupun ya saya yakin bakal tetep kegerahan sih. 
Selain baju, kamu juga perlu sepatu atau sandal yang nyaman. Untuk kamu yang ambil tiket festival sebaiknya pakai sepatu kets. Selain memudahkan kamu joget, sepatu kets juga melindungi kaki kamu dari terinjak penonton lainnya. Sumpah kamu nggak bakalan bisa mengontrol gerakan joged orang lain 😶. Beda cerita kalau kamu ambil tiket tribun atau VIP yang memungkinkan kamu duduk dan nggak perlu berdesak-desakan. 
Yang nggak kalah penting lainnya yaitu pakai tas yang bisa kamu jaga sendiri. Maksudnya adalah kamu bisa make sure kalau barang didalamnya aman. Sebisa mungkin, taruh di depan tubuh kamu. Sehingga kamu bisa mengawasi tanpa kesusahan. Saya kemarin pakai slingbag kecil jadi saya tetap bisa jaga selama sing along dan joget. 👌

5. Enjoy the show


Last but not least, enjoy the show. Sedari kosan, saya sudah meniatkan bahwa beberapa jam ke depan saya itu sedang nonton konser. Saya menjauhan diri dari media sosial dan messenger sejenak. Handphone cuma saya jadikan alat untuk memfoto dan merekam seperlunya. Saya benar-benar ingin enjoy the moment. Mengingat setiap detail dan menyimpannya di hati apalagi ini konser SO7 pertama saya. Memang saya masih sempat update tapi itupun hanya di awal dan di akhir konser. Saya nggak bisa membiarkan diri saya untuk terdistraksi hal lain. Sayang tiketnya beb. Makanya saya masih nggak habis pikir masih ada orang yang sempet live instagram 😅.
Boleh memang membagikan momen ini, tapi please inget jangan sampai annoying yaa. Misalnya pakai flash waktu foto atau rekam pakai iPad. Bikin salah fokus brayyyy. 
Jadikan sejam dua jam konser itu waktu kamu sing along, joget dan menghayati setiap detiknya. Nggak mau kan kalo udahan nyari tiket susah, harganya mahal eh malah kamu sibuk maen handphone pas konsernya 😅. Sebagai saran juga nih kamu bisa hubungin keluarga atau pacar kalo kamu lagi mau nonton konser jadinya mereka nggak akan uring-uringan kalau sulit hubungin kamu. Oke? Sip. 

Gampang kan tipsnya? Oya hampir lupa: JANGAN NYAMPAH. Plis lah bisa kan kantongin dulu sampahnya. Atau bawa aja plastik dari kosan untuk wadah sampah dan baru deh buang pas nemu tempat sampah. Konser kemarin rada kacau sih. Tempat sampahnya kurang dan banyak genangan karena pas banget habis hujan. Kayaknya sih hujan selama konser tapi alhamdulillah karena venue-nya indoor jadi nggak basah. 

So, do you wanna go concert with me? 

Cheers, 
F.

Comments

Popular posts from this blog